gambar lucu, gambarlucu, gambar lucu wa, chatan lucu, download video lucu wa

Pantun Lucu Sunda Untuk Ceramah

Ads By Google

Dalam artikel ini kami berikan 10 model pantun lucu sunda untuk ceramah secara tertulis dan pantun lucu sunda untuk ceramah dalam format gambar supaya mudah dibagikan ke sahabat di media social atau group WA. Sebelumnya mari kita simak sebagian pengertian berikut:

Pengertian pantun lucu sunda untuk ceramah

pantun lucu sunda untuk ceramah adalah salah satu karya sastra yang masih populer sampai dikala ini. Pantun merupakan salah satu bentuk karya sastra yang terikat dengan regulasi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pantun yaitu format puisi Indonesia (Melayu), tiap-tiap bait (kuplet) lazimnya terdiri atas empat baris yang bersajak (a-b-a-b). Pantun berasal dari bahasa Minangkabau yakni patuntun, yang berarti penuntun. Awalnya, pantun adalah salah satu wujud sastra lisan yang menjadi kebiasaan di kalangan masyarakat Melayu. Namun, saat ini sudah sering ditemui pantun dalam wujud tertulis.

pantun lucu sunda untuk ceramah yaitu salah satu bentuk karya sastra yang cukup kerap kita dengar. Penggunaannya bisa untuk berjenis-jenis tujuan, mulai dari sekedar hiburan sampai ajakan untuk membeli atau mengaplikasikan barang dan jasa tertentu. Lalu, apa sesungguhnya pantun? Pengertian Pantun Pantun merupakan karya sastra yang terikat dengan peraturan. Mengutip Gramedia, pantuan awalnya adalah sastra lisan yang disuarakan oleh masyarakat tempo dulu secara lisan. Tapi, seiring berjalannya waktu, pantun mulai dibukukan sebagai karya tertulis. Menurut Surana (2010:31), pantun yaitu puisi lama yang terdiri atas empat larik berirama silang (a-b-a-b). Larik pertama dan kedua disebut objektif.

pantun lucu sunda untuk ceramah, pin  pantun

Ciri-ciri dan contoh pantun lucu sunda untuk ceramah

Pantun mempunyai hukum terikat dalam penciptaannya. Sebuah pantun bisa dikenal dengan mengenal ciri-ciri pantun. Ciri-ciri pantun yaitu sebagai berikut: Terdiri dari empat baris Mempunyai pola sajak a-b-a-b atau a-a-a-a Baris pertama dan kedua berisi kalimat sampiran Baris ketiga dan keempat yaitu isi pantun.

Pantun sendiri merupakan ungkapan perasaan atau pikiran yang disusun menggunakan kata-kata sedemikian rupa agar menarik didengar atau dibaca. Pantun juga bisa bersifat menghibur.

Bukan hanya pantun lucu sunda untuk ceramah, anda dapat juga menemukan Pantun Gombal, Kata Gombal Buat Pacar, Pantun Romantis, Pantun Lucu Banget, Gombalan Buat Pacar, Pantun Cinta Kasih, Pantun Untuk Pacar, Kata Romantis Buat Kekasih, Gambar Pantun, Puisi Buat Pacar, and Ayat Pantun Cinta.

Pantun mempunyai pelbagai variasi, salah satunya yaitu pantun jenaka. Pengertian pantun jenaka ialah pantun yang berisi hal lucu dan menarik. Ini ia beberapa model pantun jenaka yang sukses dihimpun oleh detikedu berdasarkan pelbagai sumber.

Faktor pantun lucu sunda untuk ceramah

Terdapat dua unsur yang membentuk sebuah pantun, adalah elemen intrinsik dan unsur ekstrinsik. Elemen Intrinsik Unsur intrinsik berasal dari struktur pantun, di antaranya tokoh, tema, amanat, latar, alur, dan sebagainya. Ciri khas pantun sebagai unsur intrinsik ialah rima dengan akhiran serupa. Unsur Ekstrinsik Faktor ini berasal dari luar struktur pantun, latar belakang atau keadaan yang menyebabkan sebuah pantun tercipta.

Apa saja teladan pantun jenaka?

Contoh Pantun Jenaka Pohon manggis di tepi rawa. {Daerah|Tempat} nenek tidur {beradu|bertarung}. …

  1. Limau purut di tepi rawa. Bunga belimbing belum masak. …
  2. Di sini kosong di sana kosong. Tidak ada batang tembakau. …
  3. Tukang bangunan mengatur paku. …
  4. Nemu gelang di pekarangan …
  5. Sungguh bagus asam belimbing. …

16 contoh pantun lucu sunda untuk ceramah

Kami menyediakan 16 gambar tentang pantun lucu sunda untuk ceramah yang berbentuk images, pictures, photos, wallpapers, and lainya. Pada halamn ini kami juga memliki beberapa variasi dengan format png, jpg, animated gifs, pic art, logo, black and white, transparant.

kumpulan pantun ceramah bahasa sunda pembukaan  penutupan ramdan joehart 190 x 213 · jpeg kumpulan pantun ceramah bahasa sunda pembukaan penutupan ramdan joehart from mramdanj.blogspot.com
contoh pantun penutup pidato lucu kumpulan contoh terbaru 759 x 484 · jpeg contoh pantun penutup pidato lucu kumpulan contoh terbaru from contoh123.my.id

pantun lucu ucapan lebaran bahasa jawa lauras stekkie 750 x 245 · jpeg pantun lucu ucapan lebaran bahasa jawa lauras stekkie from laurasstekkie.blogspot.com
puisi perpisahan kelas  bahasa sunda kt puisi 512 x 250 · png puisi perpisahan kelas bahasa sunda kt puisi from ktpuisi.blogspot.com

pantun kelas  sd pengertian pantun kanak kanak kunci jawaban tema  kelas  sd mi halaman 403 x 403 · jpeg pantun kelas sd pengertian pantun kanak kanak kunci jawaban tema kelas sd mi halaman from forumpendidikmobile.blogspot.com
ceramah islam bahasa sunda lucu jajaran soal 480 x 360 · jpeg ceramah islam bahasa sunda lucu jajaran soal from jajaransoal.blogspot.com

bahasa indonesia smu klasifikasi  mengevaluasi teks pantun 259 x 194 · jpeg bahasa indonesia smu klasifikasi mengevaluasi teks pantun from mudah-bahasaindonesia.blogspot.com
pantun pembukaan ceramah lucu bahasa sunda pantun indonesia 1200 x 630 · png pantun pembukaan ceramah lucu bahasa sunda pantun indonesia from kumpulan-contoh-pantun.blogspot.com

pin  pantun 640 x 640 · jpeg pin pantun from www.pinterest.com
ceramah santri sunda soal matpel 422 x 750 · png ceramah santri sunda soal matpel from soalmatpel.blogspot.com

mukadimah ceramah lucu bahasa sunda 638 x 903 · jpeg mukadimah ceramah lucu bahasa sunda from id.autocil.com
percakapan bahasa sunda sama pacar contoh kalimat percakapan bahasa sunda beserta artinya 750 x 422 · jpeg percakapan bahasa sunda sama pacar contoh kalimat percakapan bahasa sunda beserta artinya from contohberkasguru.blogspot.com

pantun menjemput memberi ucapan  pantun majlis docx koleksi pantun majlis pantun 480 x 678 · jpeg pantun menjemput memberi ucapan pantun majlis docx koleksi pantun majlis pantun from treshaabel.blogspot.com
carilah makna kata sulit  pantun tersebut sepotong kata bijak 903 x 1212 · jpeg carilah makna kata sulit pantun tersebut sepotong kata bijak from creatividadjeronimo.blogspot.com

contoh pantun berbalas tentang pendidikan sore sore mancing ikan duduk lamapun tiada jemu 320 x 452 · jpeg contoh pantun berbalas tentang pendidikan sore sore mancing ikan duduk lamapun tiada jemu from kumpuancontohsoalpopuler143.blogspot.com
laman bahasa melayu spm bahan  persediaan pembentangan puisi tradisonal kumpulan ketiga 640 x 480 · jpeg laman bahasa melayu spm bahan persediaan pembentangan puisi tradisonal kumpulan ketiga from cikguramsulbmspm.blogspot.com

10 Model pantun lucu sunda untuk ceramah

  1. Putih-putih bunga melati, Merah-Merah buah delima, Bagaimana hati tidak geli, Mengamati gajah bermain mata
  2. Pagi-pagi makan kuaci, Jangan dimakan dengan kulitnya, Bagaimana pula kamu ini, Satu tambah satu masa tidak dapat
  3. Ke pasar membeli gunting, Jangan lupa membeli pita, Sangatlah heran si induk kucing, Memandang tikus naik kereta
  4. Limau purut di tepi rawa, Buah belimbing belum masak, Sakit perut karena mengakak,Memandang kucing duduk berbedak
  5. Kupu-kupu terbang melintang, Hinggap mengisap bunga layu, Hati di dalam menyimpan bimbang, Melihat ikan membaca buku
  6. Pohon manggis di tepi rawa, Tempat lebah menyimpan madu, Sedang menangis nenek mengakak, Memandang kakek bermain gundu
  7. Di sini kosong di sana kosong, Tak ada batang tembakau, Bukan aku berkata bohong, Ada katak memikul kerbau
  8. Patah tanduknya si induk lembu, Melompat pematang berlarian, Galau duduknya si pemburu, Memandang kijang berlari-larian
  9. Mengggegar batang limau, Terikat lembing dekat kendil, Gemetar tulang harimau, Mengamati kambing menyandang bedil
  10. Ada belang di buah salak, Kelat rasa mulut tidak gusar, Siapa yang tak mau tergelak, Memandang kera ikut ke pasar

kk gimana kata² atau pantun yg lucu dan keren dalam

Pertanyaan: kk gimana kata² atau pantun yg lucu dan keren dalam pembukaan dan penutup ceramah??

123 mukamu kaya org kaya

tolong bantuin bikin pantun bahasa sunda untuk pembukaan pidato dong

Pertanyaan: tolong bantuin bikin pantun bahasa sunda untuk pembukaan pidato dong , yang lucu tapi sopan.

Saha we nu bade nyangke | kamari abdi nu ngajagi
Bebende nu hade hate | pamatri ati nu sajati

contoh pantun sunda lucu​

Pertanyaan: contoh pantun sunda lucu​

Jawaban:

“Pita naon pita naon

Pita hideung na kalapa

Eta naon eta naon

Anu kembung dina calana.”

semoga membantu ya ok

Jawaban:

☞ Hayu urang mupu tiwuohan

Malah mobok pagu

Huntu linu murukusunu

Bongan tara ngosok huntu

☞ Daun hiris dibeungkeutan

Dibawa ka juru masigit

Anu geulis ngadeukeutan

Hayangeun dibere duit

#MaafKalauSalah

#SemogaMembantu

Pantun penutup ceramah lucu

Pertanyaan: Pantun penutup ceramah lucu

Jawaban:

Jalan-jalan ke kota paris

Tidak lupa membeli gamis

Wahai adik-adik ku yang manis

Sampai jumpa hari minggu dan kamis

semoga lucu ya

klo ga lucu lucuin aja

semoga membantu sesama

contoh pantun sunda lucu buat pembuka dan penutup pidato

Pertanyaan: contoh pantun sunda lucu buat pembuka dan penutup pidato

Yang perlu diperhatikan dalam membuat contoh pantun Sunda adalah terlebih dahulu mengerti apa yang dimaksud dengan pantun Sunda. Pantun Sunda dikenal juga dengan sebutan sisindiran. Ada tiga jenis sisindiran, yaitu paparikan, rarakitan dan wawangsalan.

Pembahasan

Dalam satu bait sisindiran paparikan dan wawangsalan ada empat baris. Dalam satu bait sisindiran wawangsalan hanya ada dua baris. Dalam setiap baris sisindiran biasanya ada delapan suku kata. Di dalam sisindiran ada bagian sampiran dan bagian isi.

Pidato dalam bahasa Sunda dikenal juga dengan sebutan biantara. Karena pantun biasanya kata-katanya lucu, maka pantun sering ada pada bagian pembukaan dan penutup pidato. Isi pantun sebetulnya tidak hanya terbatas pada kata kata yang lucu.

Dilihat dari tujuan atau isinya, ada tiga jenis pantun atau sisindiran yaitu sisindiran yang isinya berupa petuah, kasih sayang dan humor. Untuk menjawab pertanyaan di atas, di bawah ini adalah contoh pantun Sunda lucu untuk pembuka dan penutup pidato. Pantun atau sisindiran di bawah termasuk ke dalam jenis sisindiran paparikan:

Pantun Sunda untuk Pembuka Pidato

Kalapa ditambih kadu  

dicandak ka tengah lapang

Mugi bapa miwah ibu

nuju bingah sareng damang

Pantun Sunda untuk Penutup Pidato

Maksad bade meser kopi

tapi hilap nyandak artos

Sakitu carios abdi

mugi tiasa kahartos

Pelajari lebih lanjut

  • Jenis-jenis sisindiran, dalam bahasa Sunda https://brainly.co.id/tugas/11754912
  • Bagian-bagian sisindiran https://brainly.co.id/tugas/12839746
  • Contoh pantun menyindir sifat teman https://brainly.co.id/tugas/13484791

__________

Detil Jawaban

Kelas : VIII  

Mapel : Bahasa Sunda – Sisindiran  

Bab : 4  

Kode : 8.13.4

#AyoBelajar

Pantun yang digunakan untuk pembukaan ceramah yang terkesan lucu

Pertanyaan: Pantun yang digunakan untuk pembukaan ceramah yang terkesan lucu

Nonton TV, acaranya komedi

Isinya penuh canda dan tawa

Hadirin sekalian selamat pagi

Semoga selalu sehat bahagia

Jawab :

Profesor boleh bangga dengan kepala botaknya

Presiden boleh bangga dengan jabatannya

Amerika boleh bangga dgn kecanggihannya

Akan tetapi, umat islam harus bangga akan salamnya…

[tex] (Assalamu’alaikum wr. wb) \ \ \[/tex]

-Semoga membantu-

pantun penutup ceramah lucu(paling tergokil)

Pertanyaan: pantun penutup ceramah lucu(paling tergokil)

Jalan-jalan ke kota paris
Tidak lupa membeli gamis
Wahai adik-adik ku yang manis
Sampai jumpa hari minggu dan kamis

Anak yang gemuk suka makan
Anak yang kurus suka meniti
Sampai jumpa lagi teman-teman
Saya takut terus disini

tolong buatin pantun bahasa sunda untuk pembukaan pidato dong! yang

Pertanyaan: tolong buatin pantun bahasa sunda untuk pembukaan pidato dong! yang lucu . Ada yang bisa gak?

Pantun bahasa Sunda adalah bentuk puisi yang sering digunakan sebagai pemanis bahasa, atau dalam bahasa Sunda disebut mamanis basa, dalam kegiatan berkomunikasi. Kegiatan berkomunikasi yang sering menggunakan pantun bahasa Sunda adalah seperti pidato yang dalam bahasa Sunda disebut biantara dimana merupakan komunikasi satu arah, dan dialog yang dalam bahasa Sunda disebut paguneman dimana merupakan komunikasi dua arah.  

Pembahasan

Pantun bahasa Sunda sering juga disebut sebagai sisindiran. Ada tiga jenis sisindiran yaitu paparikan, rarakitan dan wawangsalan. Di bawah ini adalah contoh pembukaan pidato bahasa Sunda yang menggunakan pantun bahasa Sunda jenis paparikan:

Assalamualaikum wr. wb.

Bapa Ibu guru anu ku sim kuring dipikahormat sareng rerencangan sadaya anu ku simkuring dipikacinta, alhamdulilah dina sonten ieu urang sadayana tiasa kempel sasarengan dina raraga mieling hari pendidikan nasional.  

Sanaos sim kuring oge terang kumargi ayeuna teh parantos sonten sareng panginten seueur anu parantos cape margi ti enjing-enjing urang sadayana aktif ngiring sawala, sim kuring nyuhunkeun perhatosan sakedap ti sadayana.

Mang Saswi dagang kurupuk

nguriling nganggo sapedah

Sanaos sadaya tunduh

dangukeun abdi mah kedah

Tulisan empat baris terakhir di atas merupakan satu bait pantun bahasa Sunda atau sisindiran jenis paparikan. Dalam satu bait paparikan dan rarakitan ada empat baris. Sedangkan dalam satu bait wawangsalan hanya ada dua baris. Dalam satu baris sisindiran biasanya ada delapan suku kata. Dalam sisindiran ada bagian sampiran dan bagian isi. Dalam paparikan di atas, baris pertama dan kedua merupakan sampiran, baris ketiga dan keempat merupakan isi.  

Pelajari lebih lanjut

  • Jenis-jenis sisindiran https://brainly.co.id/tugas/11754912
  • Bagian-bagian sisindiran https://brainly.co.id/tugas/12839746
  • Contoh pantun menyindir sifat teman https://brainly.co.id/tugas/13484791

__________

Detil Jawaban

Kelas : X  

Mapel : Bahasa Sunda – Sisindiran

Bab : 9

Kode : 10.13.9

Kata Kunci : Pantun bahasa Sunda

contoh pantun bahasa sunda penutupan ceramah

Pertanyaan: contoh pantun bahasa sunda penutupan ceramah

Matahari terbit dari timur
 Awan terbang membumbung tinggi
Tak ada yang tahu batasan umur
Semoga kita dapat bertemu lag

contoh pantun sunda lucu penutup pidato ?

Pertanyaan: contoh pantun sunda lucu penutup pidato ?

jalan jalan di pinggir kali
waktu jalan kepeleset
mampus lu
kalo jalan ati ati

Kesimpulan pengertian pantun lucu sunda untuk ceramah?

Jadi pengertian pantun lucu sunda untuk ceramah yaitu salah satu macam pantun yang mengandung humor dan bertujuan untuk menghibur orang yang mendengarnya. Komponen sampiran kadang memang tidak ada sangkut pautnya, melainkan bukan tidak mungkin sudah ada humor dan bersangkutan dengan isi pantun.

Adapun macam pantun yang paling banyak disukai oleh masyarakat Indonesia ialah pantun jenaka. Pantun jenaka berisikan pantun yang membikin siapa saja yang membaca dan mendengarkannya akan mengakak karena berisikan humor yang lucu dan menarik.

Check Also

8++ Nama Kucing Lucu Estetik !Singkatan Lucu

Nama Kucing Lucu Estetik. Arti nama “bryant” yaitu kuat dan terhormat. Seekor kucing punya kamar ...

7+ Gambar Buat Pp Wa Lucu !Kata Lucu

Gambar Buat Pp Wa Lucu. 89+ gambar kartun untuk pp wa terbaik download now 1277 ...